Jokowi: Mewanti Kenaikan Harga Mie dan Roti, Dirut Indofood: Nggak Banyak Pengaruhnya!

Ana
- Rabu, 10 Agustus 2022 | 11:25 WIB
Ilustrasi Franciscus (Franky) Welirang, Jokowi dan Syahrul Yasin Limpo (RAGAM YOGYAKARTA)
Ilustrasi Franciscus (Franky) Welirang, Jokowi dan Syahrul Yasin Limpo (RAGAM YOGYAKARTA)

RAGAM YOGYAKARTA - Presiden Jokowi sebelumnya telah menyampaikan invasi Rusia ke Ukraina sangat mempengaruhi komoditas pangan global, misalnya saja gandum. Dan Indonesia sebagai negara pengimpor gandum dari kedua negara berkonflik tersebut sekitar 11 juta ton. 

Dilansir yogyakarta.ragamindonesia.com dari Pikiran Rakyat, "Hati hati yang komoditas pangan dunia naik semua umpamanya gandum. Kita juga impor gandum gede banget 11 juta ton impor gandum kita," ujar Jokowi saat berada di Medan, Rabu 7 Agustus 2022, lalu. 

Kenaikan harga gandum, tambah Jokowi, sudah pasti akan berdampak pada harga pangan seperti roti dan mi instan di Indonesia. Sebab Indonesia masih bergantung pada impor gandum dari dua negara tersebut. 

Baca Juga: Donald Trump kena Razia FBI, Dugaan Simpan Berkas Rahasia White House!!

Awal mula skenario kenaikan bahan gandum untuk mie instan dan roti 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menyampaikan kenaikan harga gandum akibat invasi Rusia ke Ukraina akan berdampak pada harga pangan seperti roti dan mi di Indonesia. Sebab, Indonesia masih bergantung impor gandum kedua negara itu.

"Ini hati-hati yang suka makan roti yang suka makan mi, harganya bisa naik. Karena apa? ada perang di Ukraina. Kenapa perang di Ukraina mempengaruhi harga gandum? Karena produksi gandum 34 persen berada di negara itu. Rusia, Ukraina, Belarusia semua ada di situ. Di Ukraina saja ada stok gandum," jelas Jokowi

Baca Juga: Kala Kucing, Katakan Cinta dan Peduli pada Majikannya!

Jokowi menceritakan pengalamannya selama berkunjung ke Ukraina. Di sana Jokowi sempat menanyakan langsung kepada Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky mengenai stok gandum

Halaman:

Editor: Ana

Sumber: Pikiran Rakyat, CNN Indonesia, PJM News

Tags

Terkini

Rekomendasi Film yang Diperankan oleh D.O EXO

Selasa, 4 Oktober 2022 | 14:00 WIB

Perjalanan Pewarnaan Kain hingga Terlahir Batik!

Minggu, 2 Oktober 2022 | 15:25 WIB

Nyatanya Resesi Global, Indonesia Aman atau Kebal?

Kamis, 29 September 2022 | 17:05 WIB
X