Apa Itu Dopamine Dressing? Tren Viral yang Punya Kekuatan Terhadap Mental Menurut Psikolog

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:00 WIB
Dopamine dressing yang memengaruhi kesehatan mental (Ragam Yogyakarta)
Dopamine dressing yang memengaruhi kesehatan mental (Ragam Yogyakarta)

RAGAM YOGYAKARTA - Dopamine dress memiliki kekuatan yang berpengaruh terhadap kesehatan mental, seberapa kuat pengaruhnya menurut psikolog?

Bagi seseorang yang memiliki kesulitan terhadap kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan, pengaruh warna tertentu memiliki peranan besar terhadapnya, terutama jika diterapkan pada pakaian yang dikenakan setiap saat.

Tren ini disebut juga dengan dopamine dressingyang mana teknisnya adalah mengenakan warna-warna yang meningkatkan mood atau perasaan dengan cara tertentu.

Baca Juga: Ingin Memiliki Mental yang Sehat? Lakukan 9 Teknik CBT Ini untuk Mencapainya

Melansir dari wawancara penulis blogilates bersama psikolog busana, konsultan, dan penulis, serta penata gaya profesional, disimpulkan mengenai tren viral dopamine dressing yang berkaitan dengan kesehatan mental dan psikologis.

"Dopamine dressing merupakan pemakaian busana dengan warna-warna cerah sehingga memengaruhi mood", ungkap Kimberly Mayhew, CEO dari House of Colour sekaligus penata gaya profesional.

"Ketika Anda telah menemukan warna yang Anda suka untuk Anda kenakan dan mendukung penampilan natural Anda maka Anda akan mulai memperhatikan mood bahagia dan percaya diri yang lebih ketika menggunakannya, yang kemudian menarik perhatian positif dari orang lain."

Baca Juga: Ternyata Olahraga Ini Bisa Mendukung Kesehatan Mental Kita, Nomor 3 Paling Asyik!

Secara ilmiah, dopamine dressing memiliki arti demikian

"Dopamine dressing memasukkan dua teori pada psikologi busana, apa yang disebut dengan 'wearapy' dan kognisi terselubung," terang Shakaila Forber-Bell, seorang psikolog busana, konsultan, dan penulis dari Big Dress Energy.

Halaman:

Editor: Yulia Fransisca Ayuningrum

Sumber: blogilatesdotcom

Tags

Terkini

Gemar Menyulut Api, Hati-hati Termasuk Obsesi!

Rabu, 5 Oktober 2022 | 15:25 WIB

Cara Cepat Download IG Story Instagram Tanpa Aplikasi

Selasa, 4 Oktober 2022 | 14:45 WIB

Alasan Kenapa Manusia Punya Rasa Takut dan Fobia!

Senin, 3 Oktober 2022 | 21:25 WIB
X